Minggu, 23 Desember 2012

GULAT WARISAN JEPANG ,SATU-SATU NYA OLAHRAGA YANG ATLETNYA WAJIB GEMUK


NAMA                        : Dina Ermelia
KELAS                       : 3DA03
NPM                           : 42210060
TULISAN 1

Jejak asal sumo telah ditelusuri lewat literatur jepang kojiki  peninggalan abad VIII masehi. Ada juga yang bilang pada zaman pra sejarah sumo dipergakan sebagai ritual sembahyang dmi keberhasilan panen. Sumo juga terkait sebagai ritual agama shinto,yaitu sebagai acara menghibur para dewa agama suku asli jepang tersebut . sumo sebagai turnamen mulai dikenal sejak zaman edo ,tepatnya ketika kaisar oda nobunaga berkuasa dijepang pada abad XVI . bentuk  tempat  pertandingan  seperti sekarang diadaptasi dari periode tersebut sedangkan para pesumo kala itu merupakan samurai yang berusaha mencari nafkah tambahan. Saat ini pegulat sumo profesional diatur oleh asosiasi sumo jepang yang terbentuk pada tahun 1927 di osaka . anggota asosiasi adalah para oyakata, yaitu pimpinan pusat tempat latihan pegulat sumo profesional .
Selain hadiah dari tiap turnamen yang diikuti ,pesumo juga mendapat gaji tiap bulan dr ky kai . besarnya gaji ditentukan dari peringkat yang mereka raih secara berurutan dari teratas,peri ngkat pesumo terdiri dari makuuchi, juryo ,makushita , sadanme ,jonidan dan jonokuchi. Dua golongan pesumo teratas disebut sekitori mereka inilah yang mendapat gaji,sedangkan peringkat pesumo yang paling bawah mereka hanya mendapatkan uang saku ala kadarnya . sistem peringkat yang telah digunakan sejak zaman edo ini diperoleh berdasarkan prestasi dari pertandingan –pertandingan yang diikuti .
Asosiasi sumo memberikan peraturan ketat dalam kehidupan pesumo,misal pesumo tidak boleh mengemudikan kendaraan sendiri agar terhindar dari kecelakaan. Ditempat umum mereka harus mengenakan baju tradisional jepang dan rambut klimis ,seperti samurai pada zaman edo. Pesumo tidak boleh sarapan pagi dan dianjurkan tidur siang setelah makan banyak. Makanan pesumo berupa chankonabe terdiri dari berbagai macam ikanmpai 6, daging dan sayur-sayuran dimakan sekenyang-kenyangnya ditambah nasi .pesumo harus makan-makanan  tinggi  kalori hampir 8000 kalori supaya bertambah gemuk agar nantinya bisa menang .pola hidup seperti ini memang berbahay bagi kesehatan mereka karena menimbulkan penyakit diabetes, darah tinggi dan jantung . rata- rata pesumo memiliki harapan hidup sampai 65 tahun ,5- 10 tahun lebih pendek daripada rata-rata harapan hidup pria jepang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar